Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya

1 min read

Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya

Koenci.id – Pelajari ulasan soal Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya yang akan dibahas dalam artikel ini.

Pertanyaan Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya merupakan pertanyaan post test Merdeka Mengajar Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

Pembahasan ini disajikan untuk membantu bapak ibu guru dalam menyelesaikan soal Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif.

Baca Juga: Dengan Menjadi Guru, Apa yang Kelak Akan Dibentuk Dengan Menjadikan Murid-murid Sebagai Bagian atau Bahkan Pemimpin Masyarakat di Masa Depan?

Di bawah ini uraian soal Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya beserta pembahasan lengkapnya yang bisa dijadikan bahan belajar:

Soal

Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya

A. Pendidikan emosional dan kecerdasan

B. Olah rasa dan pendidikan intelektual

C. Pendidikan intelektual dan emosional

D. Pendidikan emosional dan olah rasa

Jawaban

Jawaban dari soal Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya: 

D. Pendidikan emosional dan olah rasa

Penjelasan

Pendidikan emosional dan olah rasa adalah bagian dari pendidikan yang menitikberatkan pada pengembangan emosi dan kemampuan olah rasa individu.

Menurut Ki Hadjar Dewantara, keduanya merupakan bagian integral dari pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh.

Ki Hadjar Dewantara menegaskan betapa pentingnya pengembangan emosi siswa dalam proses belajar. Emosi memiliki peran yang sangat penting dalam pengambilan keputusan dan pembelajaran.

Oleh karena itu, guru harus membantu siswa mengembangkan emosi yang positif seperti kepercayaan diri, kejujuran, dan empati, serta mengajarkan cara mengontrol emosi negatif seperti kemarahan dan kecemasan.

Ki Hadjar Dewantara juga menekankan pentingnya pengembangan olah rasa siswa melalui aktivitas seni dan kebudayaan. Dalam aktivitas seni dan kebudayaan, siswa dapat mengembangkan kemampuan kreatif dan imajinasi, serta memperluas wawasan mereka tentang dunia di sekitarnya.

Oleh karena itu, pendidikan emosional dan olah rasa merupakan bagian penting dari pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi individu secara menyeluruh.

Itulah pembahasan soal Post Test Merdeka Belajar Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif dengan soal Menurut Ki Hajar Dewantara Sistem Pendidikan Barat Mengedepankan Rasio Dan Ilmu Pengetahuan Tanpa Adanya.

Pemaparan ini hanya sebagai referensi semata dan tidak menjamin 100% keakuratannya, oleh karena itu alangkah baiknya bandingkan juga dengan sumber yang lain.***